Sunday, 3 May 2009

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KARTU PINTAR

PENERAPAN TEKNIK BERMAIN KARTU PINTAR
DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Bambang Surahmadi, S.Pd.

ABSTRAK

Diantara mata pelajaran lainnya mata pelajaran IPA selama ini, dianggap sulit oleh siswa, sehingga kurang bersemangat dan kurang termotivasi dalam menerima pelajaran. Dari berbagai strategi yang ada telah dicoba diterapkan dalam pembelajaran IPA, namun peningkatan hasil belajar siswa belum maksimal. Hal ini terjadi di SMP Negeri 1 Kledung dimana mayoritas siswanya berasal dari anak petani dan pendidikan orang tuanya sangat rendah bahkan tidak tamat sekolah dasar, sehingga untuk memberikan motivasi belajar anaknya juga masih kurang. Terlihat pada siswa tidak bergairah dalam menerima pelajaran cenderung pasif pada akhirnya prestasi belajar siswa tidak sesuai yang diharapkan, seperti terlihat pada nilai kelas VIII mata pelajaran IPA semester 1 Tahun Ajaran 2006/2007 rata - rata 6,05.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan teknik bermain kartu pintar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kledung Kabupaten Temanggung pada siswa kelas VIII A semester 2 Tahun Ajaran 2006/2007, dengan jumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan satu siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, pre test dan post tes.
Berdasarkan hasil pengamatan di akhir kegiatan, terdapat perubahan yang sangat menonjol pada siswa menyangkut cara belajar di kelas yang biasanya cenderung pasif dan diam, menjadi lebih aktif berdiskusi, merasa senang, berani bertanya pada teman, guru dan tim lainya. Sehingga terjadi dampak pada prestasi belajar siswa terlihat pada hasil post tes nilai rata-rata 6,90. Selain itu siswa terlihat juga serius dalam pembelajaran berlangsung, sangat asyik dan bergembira bersaing untuk mendapatkan skor yang tinggi.
Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa, Untuk menambah variasi model pembelajaran guru dapat mengunakan penerapan teknik bermain kartu pintar sebagai selingan dalam kegiatan belajar mengajar, karena siswa dapat merasa senang, aktif berdiskusi, menumbuhkan sikap berani bertanya, rasa ingin tahu, tengang rasa terhadap teman dan termotivasi dalam belajar.

1 comment:

Euis Kurniawati said...

Salam kenal.
Saya juga peserta PSG di UNY. Saya temannya bu Sri Indarwati, titip salam buat bu Sri.
Terima kasih.