Saturday, 15 August 2009

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

ABSTRAK

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KONSEP CAHAYA SMP NEGERI 24 SEMARANG

Oleh :
Bambang Surahmadi, S.Pd.
(Guru SMP Negeri 1 Kledung, Temanggung)

Mata pelajaran IPA selama ini masih dianggap sulit oleh siswa, sehingga siswa kurang bersemangat dan kurang termotivasi dalam menerima pelajaran. Berbagai strategi yang ada telah diterapkan dalam pembelajaran IPA, namun peningkatan hasil belajar siswa belum maksimal, oleh sebab itu perlu memberikan motivasi kepada siswa. Dari hasil observasi awal menunjukkan bahwa kelas VIII F terlihat ramai dan cukup gaduh, hanya 7 siswa dari 37 anak yang berani bertanya dalam proses pembelajaran. Data nilai Ujian Akhir Semester I tahun pelajaran 2008/2009 menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh untuk mata pelajaran IPA adalah 52, untuk nilai rata-rata ulangan harian konsep pemantulan cahaya pada tahun pelajaran 2007/2008 rata-rata 45. KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal ) IPA yang ditetapkan sekolah adalah 58.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 24 Semarang pada siswa kelas VIII F semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009, dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievment Divisions ). Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, pemberian angket dan pemberian tes. Analisis data yang bersifat kuantitatif dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data yang bersifat kualitatif dikelompokkan sesuai dengan sifatnya sehingga diperoleh pola yang jelas menunjukkan hasil tindakan, dan menggunakan analisis persentase.
Berdasarkan hasil analisis diskriptif dari siklus I sampai II, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada konsep cahaya di SMP Negeri 24 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator berikut : (a) Siswa sudah berada dan siap dengan buku di bangkunya saat pembelajaran akan dimulai siklus I 97 %, siklus II 95 %. (b) Tenang dan memperhatikan guru menerangkan siklus I 81%, siklus II 89 %. (c) Aktif mengajukan pertanyaan kepada guru siklus I 21 % , siklus II 30 %. (d) Aktif merespon pertanyaan guru atau temannya siklus I 41 %, siklus II 46 %. (e) mencoba-coba alat dan memperhatikan media visual dalam pembelajaran siklus I 70 %, siklus II 97 %. (f) Aktif dalam kerja kelompok siklus I 62 %, siklus II 78 %. (g) Dapat bekerjasama dan berkomunikasi baik antar sesama siklus I 76 % siklus II 86 %. (h) Mencatat hal-hal penting yang disampaikan guru siklus I 30 % siklus II 24 %. (i) Aktif mengerjakan lembar kegiatan siswa siklus I 54 % siklus II 84 %. (j) Berani mengerjakan kuis di depan kelas siklus I 89 % siklus II 95 %. Penerapan model kooperatif tipe STAD juga dapat menciptakan perilaku siswa seperti bertanya, menjawab pertanyaan, melakukan presentasi dan melaksanakan tugas-tugas yang rapi dan tepat waktu

Kata Kunci : Meningkatkan Motivasi, Cooperative Learning Type STAD.

No comments: